Pages

Thursday, March 27, 2008

EKSPRESINYA MANAAAAA…!!

Menghadapi konsumen dan klien dengan bermacam2 karakter, selain kesabaran juga butuh strategi.
Ada konsumen yang kalau ga nawar ga puas, meski dia juga mengakui harga yang kami berikan paling murah. Ada lagi klien yang cuma mau dilayani oleh orang tertentu, even ga mau sama bossnya.

Mangkanya kadang bersama teman2 bikin drama ala good cop – bad cop untuk ‘memuaskan’ para pelanggan.

Yang paling umum adalah skenario ‘naik banding’ : seorang pelanggan menemui aku dan meminta harga yang sudah diberikan dipotong lagi.
Kalau sudah gitu, aku tanya sama sales yang menghandle transaksi.

Di kasih harga berapa sih?

Udah mepet kok pak : 1, 2 juta termasuk ongkos kirim

(*pura2 kaget + nyolot sama si sales) HAH!! Gimana sih! KOK MURAH BANGET! Wah kamu tuh kalau ngasih harga suka NGAWUR!! Harga segitu khan sudah ga dapat apa2! Rugi dong!

(*gomong sama pelanggan) Yah sudah terlanjur harga segitu! Mustinya ga boleh! Jadi saya ga bisa ngasih diskon lagi! Ntar habis ini saya marahin si sales kok!

Biasanya si pelanggan jadi lunak trus ga nawar2 lagi dan close the dealing.

Ga jarang aku dan para sales berganti peran: kalau aku yang ngasih harga duluan, mereka akan bilang, “loh pak! Harganya khan sudah naik! Gak boleh segitu mustinya”

Aku jawab, “oh iya yah! WADUH lupa!!.......ya sudah karena saya terlanjur ngomong segitu. Tapi sudah ga bisa diskon”

Biasanya pelanggan juga nurut saja. Hehe….

Pernah juga pas aku sedang di lantai atas, Dedi nyusul ke atas bilang, ‘pak, itu pembelinya cuma mau dikasih harga sama bapak. Tadi aku buka harga 625 ribu sudah aku diskon 25 ribu jadi 600 ribu, tapi dia ngotot cuma mau sama bapak’

Aku suruh Dedi turun duluan. 10 detik baru aku nyusul. Drama pun dimulai…

Di depan konsumen aku tanya Dedi

Aku : Ded, tadi dikasih harga berapa?

Dedi : 625 ribu pak

Aku : Hah! Wah sudah murah banget tuh! Ya sudah aku potong 10 rebu wis! Tapi sudah menthok -thok!

Ga tahu gimana, si konsumen manggut2, trus bilang, “ yo wis, bungkus!”

Coba saja kalau nurut sama Dedi bisa dapat harga 600 rebu. Tapi gara2 sok pengen dapat harga khusus dari si ‘bos’ jadi malah kudu bayar 615 rebu. Sesudah konsumen itu pergi, kami berdua ngakak. Hahaha….


Tapi kami pernah kena batunya.

Pernah sekali pas sedang ber ‘drama-queen’ Si pembeli langsung teriak ‘CUT…!!’ EKSPRESINYA MANAAAAA…!


Malu deh!

No comments: