Pages

Thursday, December 21, 2006

the amazing journey - Part 1

Sudah 2 tahun ini Ma setiap hari minum pil Norvasc untuk mengontrol tekanan darahnya. Kadang Ma lupa minum obat, tekanan darahnya jadi tinggi tapi so far baik2 saja.
Pas liburan Lebaran kemarin, Ma mengeluh sesak nafas dan ga enak badan. Tapi mama ngeyel ga mau di ajak ke Jakarta untuk konsultasi ke dokter jantungnya. Ma malah marah2 kalau diajak ke dokter.
Hingga tiba2 tgl 10 November tiba2 Ma bilang mau ke jakarta. Aku cepet2 telp Garuda book tiket untuk penerbangan Senin, 13 November.
Aku ga pernah menyangka kalau itu menjadi awal dari Amazing Journey yang menguras emosi dan fisik mirip The Amazing Race.
Berikut ini catatan “ringkasnya”.

13 November 2006
Aku dan Ma ke Jakarta pake Garuda penerbangan jam 11. Di Jakarta dijemput Nyo dan Wik langsung ke toko buku mandarin di Glodok, trus makan di Plaza Semanggi dan ke Dapur Coklat di Menteng. Tadinya mau nginep di apartemen Ay di Semanggi, tapi ga jadi karena ada tamu, so kami memutuskan nginep Ibis Tamarin.
Malamnya makan di Plaza Indonesia. Beli coklat yang 100 gramnya 85 ribu di toko (namanya lupa).
Di Kinokuniya dapet buku2 tentang coklat.
Nyo dan Wik balik apartemen.

14 November 2006
Sesudah sarapan langsung check out dan ke RS Jantung Harapan Kita
Berhubung dokter Aulia Sani sedang cuti, Ma ditangani oleh Prof. Dr. Harmani. Setelah melihat hasil EKG dan treadmill, beliau menyimpulkan ada penyempitan di pembuluh jantung Ma. Dr Harmani menyarankan endoskopi untuk mengetahui tingkat penyempitan. Awalnya Ma ga mau takut sakit, tapi dokter dan kami terus ngomong perlunya tindakan tersebut.
Sore itu Ma langsung masuk RS Mitra International Jatinegara.
Malam itu aku tidur di RS, Nyo dan Wik balik apartemen lagi.

15 November 2006
Pagi2 jam 5 suster sudah masuk minta mama menyiapkan diri untuk endoskopi. Mustinya dijadwalkan jam 9 pagi, tapi ternyata molor sampai jam 10.30.
Hasil endoskopi sangat buruk : 70%, 100%, 80% disarankan untuk ambil tindakan berupa pemasangan ring. Biayanya 140 juta. Alternatif lain operasi by pass biayanya 120 jt. ALAMAK!!
Papa datang dari Semarang…bikin ribet dengan tiket Adam Air-nya
Telp Titi susah banget dan ga bisa membantu. Jadi jengkel.
Malamnya dokter datang dan menegaskan pentingnya utk segera diambil tindakan. Karena kondisinya sangat riskan. Tapi mama tetap ga mau.
Ya sudah, aku ngomong dokter bahwa kami butuh waktu.
Rencana besok balik dari RS mau ke apartemen tapi ternyata masih ada mas Rudy.

16 November 2006
Sesudah beresin administrasi rumah sakit, dll, langsung cabut ke rumah Nyo di Cikarang. Seneng ketemu Moses dan Lia.
Makan siang di resto (lupa namanya) di Cikarang juga
Malamnya ke Hero…tapi mama jadi kecapean dan lehernya bengkak.
Malam itu aku putuskan besoknya balik ke Semarang. Telp ke Garuda, tiket ke Semarang tinggal 2, itu saja kelas yang mahal. Merem waelah! supaya mama bisa istirahat lebih baik.

17 November 2006
Pakai penerbangan Garuda, ke semarang jam 13.00
Di Airport di jemput papa trus langsung pulang ke Grand Marina
Sorenya ke toko buku [ài].
Titi sms dipromosikan jadi koordinator CC
Pulangnya mampir Hero…Ma malah beli 2 kantong gorengan!!! Ckckckck!
Tekanan darah Ma normal, tapi masih ga mau operasi.
Malamnya ngobrol sebentar sama Titi pake frenz papa.

18 November 2006
Pagi2 aku ajak mama ke pasar tiban dekat gate Grand Marina beli sayur mentah sekalian jalan2. Aku telp Wik supaya ke Semarang menemani mama, so aku bisa balik Solo.
Sementara kami bersaudara sepakat harus segera diambil tindakan, menunggu mama siap mental.

19 November 2006
Wik dijemput papa di airport. Aku balik pake joglosemar jam 12 siang. Di toko buku [ài]. , mama dan wik ketemu Ko Chea dan isterinya Ci Ninik. Mereka share pengalaman Ko Chea operasi bypass di KL, dan memberikan rekomendasi dokter dan RS.
Malamnya kami bersaudara : aku, Ay, Wik, Nyo dan Iwan ngobrol lewat telp. Kami sepakat berangkat ke KL. Aku dan Ma belum punya paspor harus segera ngurus.

20 November 2006
Di Solo aku beresin kerjaan. Toko2 juga kebetulan malah rame.
Kami bersaudara sepakat berangkat ke KL a.s.a.p. Paspor segera dibuat. Yang berangkat Ma, aku, Wik dan Irawan.
Titi ke Solo ngasih sweater hehe..

21 November 2006
Ay urus dokumen di Yogya, cari Malaysia Ringgit dan US dollar

22 November 2006
Ay bilang besok kudu ke yogya foto paspor.
Ketemu mas Wima yang bakal renovasi rumah.
Pesan2 untuk penanggung jawab di Solo sementara aku ga ada.
Gajian Karyawan hari ini diberesin.
to be continued...

Anonymous said...

"singkat" bener! Pantesan gak pernah update. Ternyata sedang ada long journey, to.

nl said...

iya..pantesan lama gak apdet.
jadi skrg gimana..?
smoga smuanya lancar deh..