Pages

Friday, May 11, 2012

I Haven't Met You Yet


Bagi aku, Aburizal Bakrie alias Ical bukan tokoh favorit.
Tapi pada tahun 1991, aku pernah melihatnya sebagai teladan; yakni ketika dia merekrut Tanri Abeng sebagai CEO untuk mengelola perusahaan-perusahaan-perusahaan-perusahannya (*saking banyaknya).

Aku ingat waktu itu alasan dia merekrut Tanri Abeng adalah karena Ical merasa dirinya lebih sesuai sebagai entrepreneur, dan memerlukan seseorang yang mampu mengelola kerajaan perusahaannya.

Menurutku, sebuah usaha memiliki dua fase utama: yakni fase perintisan, dan fase operasional.
Fase perintisan adalah fase kritis dimulai sejak adanya gagasan hingga proses realisasinya, pengenalan peluang-kesempatan-tantangan, pemecahan hambatan2 awal, pendirian perusahaan, branding, dll
Pada fase ini diperlukan seorang dengan visi jauh ke depan, kekuatan hentak, pemikiran out of box, improvisasi, hal-hal baru, dan kreatif. Karakter seorang entrepreneur

Sedangkan fase operasional adalah fase dimana perusahaan sudah mencapai titik stabil, sehingga yang dibutuhkan adalah pemeliharaan kontinuitas, konsistensi sistem-prosedur, pengembangan, pemecahan problem operasional, dll.
Dibutuhkan orang dengan ketekunan, kesabaran, detail, …. karakter seorang manager.

Seperti aku duga, Inacraft 2012 kemarin membawa banyak sekali perubahan, pelajaran serta kesempatan baru bagi MicaWork.

Sejak hari pertama MicaWork sudah mendapatkan apresiasi luar biasa, mulai dari liputan media, kontak-kontak strategis, pesananan-pesanan besar,  hohoho…pokoknya anugerah Tuhan bangetlah!

Aku juga mendapat kesempatan bertemu dan berdiskusi dengan banyak orang hebat.
Salah satunya adalah Caroline.

Caroline…. masih sebening 14 tahun yang lalu, saat terakhir kami bertemu. Hehe.

Kami ngobrol banyak dan lama. Kami bertukar cerita tentang kehidupan kami. Tentu saja juga tentang MicaWork: peluang2 yang ada, juga hambatan serta terutama kelemahan-kelemahan yang aku miliki.

Aku memiliki karakter lebih sebagai seorang entrepreneur dibanding manajer. Sehingga ketika MicaWork mendapatkan kesempatan2 besar, aku jadi pontang-panting menghadapi urusan-urusan rutin dan administratif. Contohnya saja: pencatatan pemesanan, data konsumen, pelayanan konsumen, dll

Caroline mengingatkan aku bahwa untuk mencapai suatu prestasi itu relatif lebih mudah daripada mempertahankannya.
Kami sepakat perlunya suatu perencanaan dan implementasi yang taat azas.
Kami ngobrol banyak tentang manajemen pekerjaan, juga manajemen hidup. “we are not that young anymore. Find someone help you profesionally” Katanya lagi. Hahaha…
Caroline bahkan menawarkan diri untuk membantu di MicaWork dan memberikan gagasan-gagasan menarik untuk masa depan.

Aku nyadar kok, nggak mudah bekerja sama dengan seorang Paulus. Kataku

Haha…iya, Pau orangnya perfeksionis. Tapi bukan berarti bekerja sama dengan Pau sulit, yang penting kudu dapat orang yang bisa ngerti kemauan Pau dan bisa dipercaya. Jawabnya.

Dua hari setelah pertemuan kami, dia datang lagi ke venue  membawa sebuah flash disk berisi bagan program data konsumen serta manajemen pesanan.
Juga sekantung roti yang bikin teman-teman semua bersuit-suit ria godain oom-oom satu ini. Hahaha…

Selesai Inacraft kemarin, aku ngomong sama mama bahwa dalam jangka 8-10 bulan ke depan, aku berencana gak akan ikut pameran lagi.

Selain kudu bertanggung jawab dengan pesanan-pesanan-pesanan-pesanan (*saking banyaknya) yang masuk selama Inacraft, aku pengen membangun platform, karakter, serta sistem yang rigid bagi MicaWork. Sehingga di tahun 2013 MicaWork sudah bisa memanfaatkan kesempatan memasuki pasar luar negeri.


Tapi 3 hari yang lalu aku malah dapat telpon dari departemen perdagangan.
Aku sudah deg-degan mau ditunjuk jadi wakil menteri atau minimal dirjenlah!....... Hahahaha *pengsan!

Ternyata dept. perdagangan punya gawe tahunan: Pameran Produk Dalam Negeri Regional yang serentak diselenggarakan di 4 profinsi. Untuk Jawa diselenggarakan di Semarang.
Mereka menawarkan MicaWork untuk ikut. Dengan fasilitas penuh, artinya cukup bawa barang saja. Stand disediakan gratis.

Buyar sudah rencana kerja jangka pendek yang aku bikin. Sekarang sudah mulai gradag-grudug ngerjain pesanan, ditambah persiapan pameran. Urusan administratif tambah gradag-grudug juga :p

Selama satu tahun  ini lagu favorit aku “I haven’t met you yet” nya Michael Buble.

Saya butuh banget manajer.

Anyone?

No comments: