Pages

Monday, January 17, 2005

Isenglah! kau ku tangkap!!

Jakarta gempar, kedutaan Thailand dan Inggris diancam bom! ini pasti juga jadi berita di seluruh dunia.
Tapi ternyata, ini cuma keisengan Zulfah, seorang cewek yang mangkel sama pacarnya, polisi yang bertugas di kedutaan Thailand, gara2 si cowok punya rencana pulang kampung tanpa ajak2.
Padahal Zulfah pengen ikut.
Zulfah mikir, kalau dia bikin ancaman ini, pasti cowoknya ga jadi pulang.
Konyol banget memang! ngancamnya pake sms lagi! yang pasti bisa dilacak.
tapi dia pasti gak mikir seriusnya keisengan dia ini. sampai ketika tiba2 dia ditangkap polisi.
sekarang Zulfah stress, bahkan sampai muntah darah dan linglung~

Aku bisa memahami perasaan Zulfah saat ini, karena aku pernah mengalami di tangkap!
memang sih, yang nangkep cuma satpam, bukan polisiitupun kejadiannya di Purwokerto, waktu aku KKN di Banyumas.
(KKN = Kuliah Kerja Nyata)


Let me tell the tragedy



Dasarnya hari itu, hari ke 8 aku KKN, memang penuh dengan mimpi buruk!
Pagi2 ga pake sarapan, lari ke kantor kecamatan ikut upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.
Upacaranya lama dan hot banget dipanggang matahari.
Selesai upacara, beberapa teman mengajak ke Purwokerto, 40 km dari lokasi kami KKN.
Sambil nunggu bis lewat, aku beli Sprite untuk ngguyur kerongkongan yang garing dan perut yg keroncongan.
Kami mendapat bis yang penuuuhhh dengan segala penumpang, beberapa ikat ayam, beberapa karung bawang merah, sepikul tempe khas banyumas; yang bisa dibayangkan baunya kayak apa.
Udah gitu, bisnya ga begitu tinggi, jadi aku musti berdiri sambil setengah jongkok, berusaha setengah mati untuk tidak jatuh nubruk seorang simbok yang membawa satu bakul pecel.
Bis baru jalan 10 menit, perut sdh mulai berontak, kepala rasanya pening, keringat bertetesan dan sprite yg barusan diminum rasanya pengen keluar.

Ditahan-tahan...gak tahan juga!
kebetulan bis berhenti karena ada penumpang mau naik, aku loncat keluar dan langsung muntah di pinggir sawah, ditinggal bis yg ngabur gitu aja.

Sementara aku masih huak-huek...bis berhenti lagi, dan teman2 berloncatan keluar dengan wajah panik
Teguh : ...ngopo koe ?
aku : (huek...huek....)
Mia : Pras, kamu pasti tadi gak sarapan ya!
Teguh : cepet-cepet kasih minum!
Andi : lungguh shik Pras, lungguh dhisik! ( duduk dulu Pras, duduk dulu)
aku :....wis, wis gak apa-apa, aku cuma mabok aja kok....(muka pucet dan pengen pingsan)
Mia : pasti kamu gak sarapan, jadi sekarang masuk angin.
Dewi : wis, bali wae, mesakake Pras....(udah, kembali saja, kasihan Pras)
aku : udah kok Dew, aku sdh mendingan, nanti kalau ada bis, kita terus ke Purwokerto saja.

Singkatnya, kami menunggu bis berikut dan pergi ke Purwokerto, dengan tujuan utama ke toko Sri Ratu, toko terbesar di Purwokerto.
Di toko serba ada tsb, sementara yang lain muter2 ga jelas, aku cuma duduk lemes di bagian counter sepatu, nungguin tas teman2 dan kamera milik Dwi.Melihat cewek2 nyobain sepatu, entah keisengan dari mana, aku ngomong :

aku : hei, aku potret kalian ya ! Dew, gaya Dew! tak potret ki!...
Dewi : wah iya! mumpung nyoba sepatu anyar hehehe....
cewek2 lain : nhg eh! bener aku dipotret ya!
jepret!
aku : ganti gaya! ganti gaya! (sok jadi photographer!!)
cewek2 : hehehe...
Mia : aku pose gini ya...apik to!
aku : sip!
jepret!
jepret!
jepret!
cewek2 : lagi! lagi!
jepret!
jepret!

tiba2 bahuku ditepuk,
aku nengok, ternyata seorang satpam berwajah (sok) galak, "mas! ikut saya ke kantor"
aku : "HAH!! ada apa ?"
satpam : (diam aja) tapi nunjuk tulisan2 yang entah bagaimana, tadi tidak aku perhatikan. tulisan2 itu bunyinya :

Dilarang Memotret di Dalam Toko !!

eddhiannn thenan!!
dengan pasrah aku dan 7 teman lain digiring kayak bebek ke kantor toko serba ada itu.
Yang paling parah, kami semua pake jaket mahasiswa, karena habis upacara belum sempat balik pondokan.
wah sudah kebayang bakal dimuat di koran, "8 mahasiswa UGM yg sedang KKN ditangkap!"
duh Gusti !!
wah ! bisa2 dimaki-maki dosen pembimbing! bisa2 didrop nih! bikin malu aja!
mau ngasih alasan apa coba ? entah bagaimana, kami tidak baca tulisan2 segede gajah tentang larangan motret!
kebangetan juga sih! malu diliatin pengunjung lain, seolah2 kami pengutil!

kami ditanyain nama dan alamat oleh supervisor toko itu.
Tahu bahwa kami mahasiswa UGM yg sedang KKN, mereka jadi lebih santai, tapi tetap kudu ninggal fotokopi KTP.
Untung saja jaman itu belum ada acara "Buser" di teve! duh malunya!
Kami sih cengengesan aja, tapi musti ngaku kalau sebenarnya keder dan malu!
begitu di lepas, kami langsung ngabur ke terminal cari bis, pulang ke lokasi KKN!!!
stress!!



Jadi aku bisa bayangin rasa shock, depresi dan stress nya Zulfah!
emang sih keisengan dia kebangetan banget, bikin heboh sedunia!dia pasti mikir, 'ini cuma iseng, doesn't mean any harm'sampai tiba2 gubrak!! ditangkep polisi.!!!ada perasaan kasihan, tapi juga ada perasaan : "rasain!"

ohya, tragedi di hari kami ditangkap satpam, gak berhenti sampai situ.
malam harinya aku demam tinggi sekali, sampai2 teman aku satu kasur bilang, "badan kamu kok panas sekali..."(note : jangan ngeres! waktu KKN, kami tidur satu kasur berdua, malah ada yg bertiga...maklum aja!)Saking tingginya demam, besoknya aku balik ke yogya, dan divonis dokter kena demam berdarah + kudu nginep di rumah sakit seminggu!

6 comments:

ben said...

Ya ampun PRA !!!!!
kesian amat sih, udah keren2 pake jaket almamater, eh ketangkep satpam pula :P
BTW, enak juga bisa tidur bertiga ;)

Anonymous said...

Mas Pras, aku juga pernah kena demam berdarah, abis main-main ujan hehehe! Kapan2 gantian aku ceritakeun!! Hihihihi!! Aduh, kamu tuh ya? Loetjoe kali ya pas ditangkap gitoe hihihihihi!!


- Hauceun a.k.a Moi -

ben said...

Pras,
Gue ngisi tag loe gak pernah bisa masuk ya ?
ada yang salah or harus pake mantra "alakazam" gitu ? ;)

Anonymous said...

mas pras...ini gw noldie. kasih komen ke kamu kok mesti sign as member sih? ikh...please deh!!! waduh...kaciannn yah sakit. sakitnya gara2 tidur seranjang b3 atau gara2.... hihiihihihihi! eh, post in poto2 waktu itu dong. pengen liat tampang mas pras jaman doeloe.

Anonymous said...

hehehe...

3 taun lalu saya dan teman2 juga pernah ditangkap satpam Bandung Indah Plaza (BIP), gara2 ngeledakin petasan di basement.. kirain gak ada orang, gak taunya.. hehehe
begitu meletus, asli suaranya kayak bom atom, soalnya naro petasannya di dalam tempat sampah dari besi.. benar2 menggelegar.. ya sudah pasrah saja ditangkap.. buntut2nya satpamnya minta duit... ck..ck..ck..

--pattawari--

Anonymous said...

wekekek... seru amat:D. trus, difoto nggak waktu digiringnya? biar bisa dipajang, lumayan kan, tampil beda. kalo orang foto ma presiden, kamu sama satpam, hehe...

duh, untung UI nggak ngewajibin KKN, hehe... nggak ada hubungan.

rio