Pages

Thursday, November 18, 2004

Stereotype

Secara umum, aku gak percaya dengan yg namanya “stereotype”; watak yang ditempelkan pada manusia secara ras atau suku.
Misalnya kalau orang yahudi dikenal licik, orang jawa dikenal santai dan santun, orang china dipercaya rajin dan pelit, orang batak dan madura dikenal galak dan kasar, orang betawi dianggap malas, dstnya

Dalam berkawan, teman sekolah/kuliah/kerja , tempelan stereotype ini jarang sekali terwujud.
Aku punya banyak teman batak yang lebih halus dan santun dari teman yg dari Solo. Aku punya teman orang betawi yang lebih rajin dari orang china. Aku juga punya kenalan orang china yang royal bak Sheik dari Arab.

Tapi, beda dipergaulan pertemanan, beda lagi dengan konsumen yang datang ke toko.

Biasanya orang ‘pribumi’, baik itu madura, jawa, atau orang jakarta sekalipun, biasanya memang lebih santun dan tahu diri.
Kalau masuk toko, mereka benar-benar akan membeli sesuatu.
Pertanyaan yg diajukan hanya seputar barang yg akan dibeli, menawar harga seperlunya, tidak rewel, lebih low profile, dan akhirnya beli.

Tapi kalau orang china! Weleh-weleh…..
Masuk toko petantang-petenteng, tanya harga semua kompor gas dan kulkas 3 pintu dan teve sampai water heater segala. Semua merk!! Minta penjelasan detail….
Rewel bukan main, minta contoh barang yg masih disegel di kardus, ga puas dengan barang serupa yg di display, cobain teve, vcd, dvd, dan compo…….
Trus terakhir tanya harga teve plasma…. Nawar separo harga, minta bonus….. dan akhirnya cuma bilang :…ya sudah, saya cuma mau liat-liat dulu, nanti kalau sudah ada uang akan beli……
Atau kalaupun beli, mereka akan tanya tentang teve plasma yg harganya 80 juta, padahal akhirnya cuma beli teve produk china seharga 550 ribu !!!

Kayak tadi, ada yang tanya kulkas 3 pintu, trus akhirnya ‘komit’ dengan kulkas 2 pintu LG seharga 1,8 juta…tapi nawar 1,2 juta!!!!
Aku cuma bilang, “pak, itu kulkas, jangan dianggap beli daster di pasar klewer!!!”

Dalam pertemuan dengan beberapa dealer elektronika beberapa waktu yg lalu, ternyata banyak pemilik toko yg punya pendapat yang sama, bahwa konsumen orang china emang nyebelin!

Well, aku juga china, tapi rasanya gak gitu-gitu amat!

No comments: