Pages

Wednesday, August 19, 2009

My Canopy

Seneng luar biasa pas nemu foto ini di Flickr.


Rasanya pengen jingkrak-jingkrak, trus lari ke jalan teriak-teriak :)

Foto di atas menunjukkan sebagian detail kanopi yang melindungi eskalator eksterior yang menuju ke bagian annex Sarinah Building di Jl. MH Thamrin Jakarta.
Di bagian ini dibangun struktur rangka ruang yang kemudian dipakai sebagai gedung Hard Rock Cafe di Indonesia. Aku yang mengerjakan desainnya, dengan berdasarkan master plan gedung Sarinah.

Tapi untuk kanopi ini, aku yang mendesain sejak konsep awal hingga konstruksinya.

Sore itu aku sudah bersiap2 pulang, setelah dua malam lembur di kantor nyaris ga tidur. Di kepala serasa ada lokomotif berdentum-dentum; ketika Pak Darjono (*big boss) bilang, 'Phoek, besok sore kita kudu ngasih HRC desain kanopi. Desain kudu stand-out tapi sederhana agar bisa dikerjakan cepat karena untuk perayaan ultah Hard Rock Cafe seminggu lagi. Tolong ya Phoek jangan suruh anak buah, kamu saja yang ngerjain!'

Aku cuma bilang, 'besok pagi saya beri 3 alternatif desain pak!'

Aku ga jadi pulang; masuk ruang aku lagi, tutup pintu, matiin lampu trus tidur di karpet.
Kira-kira jam 9 malam terbangun, beli makan dan satu teko kopi trus nyalain komputer dan kerja.

Sesuai janji, jam 10 pagi besoknya aku serahkan ke sekretris Pak Darjono 3 alternatif desain.
Sore itu juga HRC dan Sarinah memutuskan alternatif desain ke 3 dan esok pagi langsung dikerjain.
Kanopi ini dikerjakan 24 jam penuh dan banyak problem.
Sempat dimarahin sama Pak Darjono karena ada masalah di pondasi, 'khan saya sudah bilang, bikin yang simpel!' teriaknya!
Pak Aris (kepala kontraktor) di malam terakhir panik, 'jam segini saya musti nyari hammer drill kemana?'
Namun toh aku berhasil nyari solusinya.
Lokasinya juga jadi sumber problem : di depan McD Sarinah yang buka 24 jam. Makin malam makin rame. Aku sempat beberapa malam terakhir ga tidur begadang nongkrong di McD Sarinah Thamrin.

Akhirnya selesai pada waktunya sesuai desain. Lega dan seneng banget!

Tapi tetap ga bisa ngalahin rasa senang aku malam ini!!!

Kalau sesuai desain awal, mustinya warna 3 gate ini merah 'trafic red', tapi ga tahu kenapa sekarang diwarna perak.
Di internet, aku menemukan banyak foto Sarinah MH Thamrin Jakarta yang ada kanopi ini. Salah satunya:


Tapi baru kali ini ada foto yang fokus pada ornamen desain yang sekaligus merupakan struktur utama.

Aku belajar:
apa yang diusahakan dan dihasilkan saat ini; buahnya bisa terlihat, terasa dan bertahan hingga masa yang akan datang.

So, usahakan sesuatu yang baik, agar di masa yang akan datang kebaikan itu yang bertahan.

Terima kasih buat yang sudah motret : http://www.flickr.com/photos/toroelmar/2954333520/



butuh bertahun-tahun untuk jadi arsitek, dan bertahun-tahun yang akan datang: deep inside I'm still an architect! :)


2 comments:

Anonymous said...

weh..stiap hari aku lewat situ. tapi selama ini gak pernah nyadar kalo aku ternyata kenal dg arsiteknya.. :)

imgar

andro_danish said...

wah kereeeeeennn...
ternyataaaa...
hebaaaat...
aku suka liatnya emang kalo lewat sarinah..