Pages

Friday, February 22, 2008

Time is Travel

Tahi lalat (bhs Jawa : andeng-andeng) di dekat bibir bisa membuat seseorang tambah manis, tapi konon juga menandakan orang itu cerewet.

EitZZ!!!
Aku ga sedang ngrasani seseorang loh!
Sumpe!

Wik, adik aku: sejak lahir punya andeng2 telapak kakinya. Orang2 berkata bahwa Wik akan banyak melakukan perjalanan jauh. Tapi ya emang gitu : diantara keluarga dia mengunjungi tempat2 di Indonesia lebih banyak, dia yang pertama kali keluar negeri, dan dalam pekerjaannya saat ini mondar-mandir keluar kota.

Sejak kecil meski mabok tiap kali naik mobil, aku paling seneng kalau berkunjung ke suatu tempat yang baru. Waktu masih awal2 jadi arsitek di Yogya dulu, menikmati banget bolak-balik Yogya-Jakarta kadang seminggu sampai 2 kali naik bis, kereta atau pesawat. Rasanya selalu ada pengalaman baru tiap kali melakukan perjalanan itu.
Di Indonesia, aku baru pernah ke Kalimantan dan Bali untuk urusan kerjaan. Tapi hampir semua perjalanan2 tersebut memberi banyak pengalaman baru.
Akhir tahun 2006 bawa Mama ke Malaysia untuk operasi by-pass jantungnya. It’s a happy ending journey : selain operasi berjalan bagus, juga pengalaman pertama kali ke luar negeri.
Tapi yang paling berkesan adalah perjalanan ke KL bersama Ma, Wik, dan Tio bulan April 2007: karena aku yang merencanakan itinerary, riset di internet, booking hotel, baca blog travelling dll.

Dengan merancang dan merencanakan perjalanan sendiri ala ‘backpacking’, excitement sudah terasa bahkan sebelum perjalanan itu dimulai: itinerary, cari akomodasi murah tapi nyaman, transportasi, dll.
Beda dengan gaya perjalanan Ay: adik aku, yang semuanya full-serviced.
Tapi trust me! Backpacking lebih menarik dan berkesan.
Mei 2007 yang lalu mama diajak Ay ke China dan Singapore: Garuda Airways, hotel bintang 5, taksi, guided-tour.
Trus Desember 2007 Aku seret2 mama ke KL dan Singapore, naik AirAsia, naik bis, naik MRT, makan di pinggir jalan, nginep di youth hostel.
Tetep saja perjalanan ke KL bulan Juni nanti mama minta aku yang set-up itinerary. Hehe…

Belum lama ini aku menyadari bahwa di telapak kaki kiri aku timbul andeng2. Semoga itu menjadi peertanda aku akan melakukan banyak perjalanan. Jadi seneng banget pas nemu milis : www.indobackpacker@yahoogroup.com yang membuat aku bermimpi-mimpi bisa ke Afrika Selatan, Burma, Meksiko dan Yunani.

Kemarin ngomong sama Yosi, sales Rinnai: Kayaknya asyik ya, kalau 5 tahun lagi aku bisa ninggalin Panca Murah trus seumur hidup menggelandang keliling dunia, mati pas ngopi di sebuah cafĂ© di perancis selatan….


Aku seorang kelana
Tak pantas mengenal cinta
Hatimu kubawa pergi
Khan ku sayang sampai mati

Ku pergi darimu begitu saja
Kasihku,
Itu karna diriku
begitu sayang padamu….

(lagu "jadul" Jamal Mirdad)

No comments: