Pages

Sunday, February 27, 2011

Banyak is Sedikit

Semalam ngobrol dengan Di tentang Gelombang Cinta, tanaman jenis Anthurium yang beberapa tahun lalu mirip Gayus : mengguncang Indonesia. Tanaman yang biasanya tumbuh sembarangan di kebon tiba-tiba di hargai milyaran rupiah.
Beberapa orang beruntung yang memiliki jenis tanaman ini mendadak jadi milyuner. Lha wong bibitnya yang cuma sebesar taoge saja bisa dibandrol 150 rebu.
Seorang kenalan yang memiliki gelombang cinta setinggi 50 cm, mendapatkan barteran 2 mobil Kijang anyar gress! Lengkap sama roda-rodanya loh!

Tanaman ini kemudian jadi ganja ekonomi. Kemanapun pergi, ada saja orang yang sedang membahas budidaya Anthurium dan impian duit yang akan mereka peroleh.

Tapi sependek orbit popularitasnya, demam gelombang cinta pun segera lenyap. Tanpa bekas.
Tanaman ini kembali jadi tidak berharga. Ngembyah. Tersebar dimana-mana. Over supply.
Kemarin dalam perjalanan ke Wonogiri, aku melihat banyak anthurium yang tumbuh di halaman penduduk tanpa pengamanan apapun.

Barusan aku ngakak baca forum Kaskus cat lover regional Yogya.
Ada beberapa teman di sana yang mengeluh, karena menemukan beberapa ekor anak kucing kampung yang terlantar. Di satu sisi ngakunya cat lover, sisi lain mereka sudah gak sanggup memelihara tambahan kucing lagi
Ada yang sudah punya 2 ekor kucing padahal tinggal di kost. Mosok mau sewa kamar lagi khusus kucing :D
Susah banget nyari orang lain yang mau menampung atau memelihara anak-anak kucing kampung itu.
Coba kalau yang ditawarkan kucing persia, maine coon, scottish fold, atau munchkin…. Waaa bisa terjadi huru-hara rebutan :D

Ini karena kucing lokal alias kucing kampung itu banyak dan gampang di dapat. Ngembyah.
Sesuatu, meskipun jelek tapi sedikit, akan selalu dinilai mahal.
Sesuatu yang bagus dan mulia, tapi bejibun, banyak, mudah di dapat, ngembyah akan sedikit dihargai dan tidak banyak peminatnya.

Yang celaka kalau sudah jelek sekaligus juga banyak dan mudah di dapat…. Hadeee!

Message of the day is:
Buat Christin yang mau buka toko roti, serta Farrel yang akan mengembangkan usaha kaosnya, pikirkan sesuatu yang spesifik, unik, tapi juga bagus. Be sure produk kalian akan laris dan dinilai mahal.

Trus kalau sudah sukses, ajak saya jalan-jalan ke Yunani dan Mesir ya.
Huhu…

1 comment:

Farrel Fortunatus said...

nice post, bro. thx buat inspirasinya. kayanya aku perlu banyak belajar dari kamu...